Sabtu, 12 Januari 2013

10 Qori terkenal di dunia



  1. Muhammad Ayyub, Beliau adalah seorang pengajar bergelar doktor sekaligus imam di masjid Nabawi, MAdinah Al munawarah. 
  2. Hani Ar Rifai  Beliau seorang imam masjid di Riyadh, Saudi, ilmu A’ Qur’annya tidak diragukan, nada suara yg beliau miliki sangat saya sukai. Sayang sekali, setahu saya, beliau tidak rekaman khusus untuk membaca Al Qur’an, kaset/CD yg beredar direkam dari sholat tarawih. P[ada Juz awal/ juz 1 hingga juz 2, nada yg beliau gunakan sangat menyentuh, lalu pada surat Al Israa, Surat maryam, Surat Al Mu’minun, Surat Ar Rohman, semua surat pada Juz 28 hingga 30, semua favorit saya.
  3. Sa’ad Al Ghomidi. Untuk mendengarkan tilawah murottal beliau,  Seorang Qori pada masjid Damaam, Riyadh. Favorit saya dari beliau adalah Surat Ali Imran. Saad El Ghamidi adalah qori (pembaca Al Quran) berkewarganegaraan Saudi. Beliau lahir pada tahun 1968 di Mantiqah Syarqiyyah (beribukota Dammaam), Saudi Arabia. Rekaman bacaan Al Quran beliau juga sangat sukses. Selain dikenal di banyak dunia arab, beliau juga dikenal di beberapa negara luar Arab seperti Austria, Amerika Serikat dan Inggris. Dalam hal bacaan Al Quran, beliau diketahui memiliki sandaran periwayatan ( Al Isnad), yakni Isnad periwaratan dari jalur Hafs ‘an Assem. 
  4. Mishari Rasyid Al ‘Ifassy. . Beliau ini adalah seorang yang ghoniy, menurut kabar yg saya dengar, konon beliau beliau memiliki 2 stasiun TV sendiri. Bersuara emas, menurut saya. Favorit saya dari beliau adalah Al Fatihah, Al Kahfi, Al Mulk dan An Nabaa’ 
  5. Al Husairy, beliau seorang ahli Qur’an dan seorang Imam di masjid Nabawy. Beliau adalah referensi bacaan Mujawwad, jika anda ingin mempelajari Tajwid. 
  6. Muhammad Sidiq Al Minsawi, beliau adalah seorang ahli Qur’an, seorang ustadz dan seorang Imam. Favorit saya dari beliau adalah Juz ‘Amma/ juz 30. 
  7. Abdurrohman As Sudays, siapa yg tidak kenal beliau? Beliau seorang imam paling masyhur, imam masjid haromain.
  8. As Suraim, beliau juga imam di masjidil harom, sering bergantian dengan syaikh as sudays. Khusus beliau, saya memiliki seorang sahabat yg suaranya sangat mirip beliau. 
  9. Nabil Rifai. Syaikh Nabil Ar Rifai adalah adik dari Syaikh Hani Ar Rifai. Syaikh Nabil Ar Rifai mempelajari Al Quran dari beberapa professor dan masyaikh terkemuka seperti Sheikh Abdul Aziz Ramadan, Sheikh Abdul Wahab Hadiri dan terakhir belau belajar kepada Sheikh Ali Jaber. 
  10. Abdullah Mathrud, beliau berasal dari kerajaan Saudi. Rekaman bacaan Al Quran beliau telah banyak mengudara melalui saluran Televisi dan radio di jazirah arab dan dunia internasional. Nada suara beliau mirip dengan Syaikh Ali Jabir.                                        Sumber:  http://indoking.blogspot.com/2012/08/qori-qori-al-quran-timur-tengah-pilihan.html                                            

8 komentar: